Kelas : 2dd04
Npm : 32209239
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang berlangsung dalam kerangka bisnis (negosiasi), pemasaran (trading atau perniagaan), lobi, iklan, dan semua hal yang menyangkut ekonomi-kapital. Ingat, dalam bisnis, etika tetap diperlukan.
UNSUR –UNSUR KOMUNIKASI
• Komunikator
• Komunikator
Komunikator adalah oarng yang mempunyai motif komunikasi dan komunikator mempunyai 3 unsur yaitu manusia, yang mempaikan pesan,dan untuk mewujudkan motif komunikanya.
• Pesan
Pesan adalah segala hasil penggunaan akal budi manusia yang di sampaikan untuk mewujudkan motif komunikasinya. pesan itu bersifat abstrak.
• Saluran
Saluran adalah jalan yang dilalui pesan komunikator oleh sampai kekomunikannya.
• Saluran
Saluran adalah jalan yang dilalui pesan komunikator oleh sampai kekomunikannya.
• Komunikan
Komunikan manusia ia berakal budi kepada siapa pesan komunikator ditunjukan. komunikator disebut juga penerima.
• Efek
Komunikan manusia ia berakal budi kepada siapa pesan komunikator ditunjukan. komunikator disebut juga penerima.
• Efek
Efek adalah efek komunikasi yaitu sebagai pengaruh yang ditimbulkan pesan komunikator dalam diri komunikannya.
KOMUNIKASI BISNIS selalu meliputi dua ruang lingkup kegiatan, yakni Internal Communication & External Communication.
Internal Communication : Komunikasi yang terjadi diantara orang-orang yang berada di dalam suatu perusahaan.
External Communication : Komunikasi yang terjadi antara
organisasi di satu pihak dengan pihak-pihak
yang berada di luar organisasi.
organisasi di satu pihak dengan pihak-pihak
yang berada di luar organisasi.
Kendatipun komunikasi bisnis ditujukan untuk memperoleh keuntungan, apabila cara-cara kita (komunikator) salah menafsirkan isi komunikasi (mitra bisnis), boleh dipastikan tujuan tidak akan tercapai. Tidak heran terkadang sebelum komunikasi bisnis (negosiasi) dimulai, diadakan jamuan makan. Gunanya apa? Supaya saling mengenal antara rekan (partner) bisnis.
Cara kita tampil berbicara dalam komunikasi bisnis, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, penting diperhatikan. Sebab, komunikasi bisnis digunakan membangun kemitraan untuk mempromosikan ide, produk, layanan. Itu semua untuk menciptakan nilai bagi bisnis Anda. Terserah apapun bisnis yang sedang Anda mulai, Anda jalankan, dan Anda kembangkan.
Satu hal lagi, dalam bisnis, kepercayaan dan kejujuran adalah mutlak diperlukan. Anda boleh cerdik, Anda boleh terkesan “menipu” konsumen dengan iklan-iklan semenarik mungkin. Akan tetapi, Anda tidak boleh berdusta. Kalau Anda takut ditipu, tidak usah berbisnis. Anda tidak akan menjadi apa-apa.
Orang sukses adalah orang yang menempuh risiko daripada harus kehilangan peluang. Komunikasi bisnis dipelajari untuk memahami bagaimana komunikasi bisa mencapai pengertian yang sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar